Membedakan Fakta dan Opini dalam Teks Iklan - Iklan merupakan salah satu bentuk ihwal persuasif, iklan dibentuk dengan tujuan untuk menghipnotis konsumen untuk mengikuti, melaksanakan, atau membeli produk/sesuatu yang dipromosikan dalam iklan. Dalam badan iklan mempunyai dua unsur, yaitu pernyataan yang bersifat fakta dan bersifat opini.
Yang dimaksud Fakta dalam Teks iklan yaitu keadaan, kejadian, atau kejadian yang benar dan sanggup dibuktikan. Dalam iklan disajikan sejumlah fakta-fakta produk yang diiklankan secara lengkap, yang meliputi identitas produk yang ditawarkan (nama, jenis, produsen), komposisi, kegunaan, dan saran penggunaan produk secara lengkap.
Sedangkan yang dimaksud Opini dalam Teks Iklan adalah kata atau kalimat dalam iklan yang tidak berupa fakta, melainkan berupa pendapat, yang mendukung fakta-fakta dalam iklan. Meskipun tujuan iklan untuk menggerakan atau membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan, iklan yang baik harus tetap memperhatikan fakta-fakta produk secara jujur. Opini dalam iklan berkhasiat untuk menawarkan penguatan terhadap fakta-fakta produk yang ditawarkan.
Contoh :
CUCI GUDANG. Kmptr & Lptop,
Hrg. Istw. Stok Trbts.
Jl. Ar. Hakim Tegal. Telp. 23443563
Fakta dalam Iklan baris di atas yaitu :
- Kmptr & Lptop
- Jl. Ar. Hakim Tegal
- Telp. 23443563
- Jl. Ar. Hakim Tegal
- Telp. 23443563
Fakta dalam iklan di atas yaitu barang yang dijual dan alamatnya
Sedangkan opininya adalah :
- Hrg Istw
- Stok Trbts
- Stok Trbts
Pernyataan tersebut termasuk opini alasannya yaitu bersifat subjektif
Selamat Belajar ... !!! :)