Berbeda dengan soal-soal UAS B.Indonesia kelas 10 semester genap sebelumnya, yaitu soal UAS cuilan pertama hingga ketiga (soal nomor 21-30) yang berbentuk pilihan ganda, cuilan keempat atau terakhir goresan pena ulangan selesai semester ini berbentuk essay/uraian.
31. Karangan yang bertujuan menjelaskan suatu persoalan secara mendalam sehingga pembaca memperoleh pengertian yang terperinci disebut ....
Jawaban: eksposisi
32. Teknik yang dipakai dalam membaca tabel atau grafik yakni ....
Jawaban: memindai
33. Daftar ringkasan fakta atau informasi berupa nama atau bilangan yang disusun urut ke bawah dengan garis pembatas sehingga gampang disimak disebut ....
Jawaban: tabel
34. Karya sastra usang biasanya bersifat pralogis. Pralogis artinya ....
Jawaban: diluar akal
35. Kampanye tertulis ialah salah satu betuk paragraf ....
Jawaban: persuasif
36. Metode pidato dengan penerapan naskah tetapi khusus berupa catatan garis besarnya disebut ....
Jawaban: ekstemporan
37. Berdesik-desik daun buluh
Dibuai angin dengan akung
Ayam berkokok akup suara
Baris ketiga puisi di atas mengandung citraan...
Jawaban: pendengaran
38. Unsur dari luar dongeng yang membangun sebuah karya disebut ....
Jawaban: unsur ekstrinsik
39. Orang yang cerdik berpidato disebut ....
Jawaban: orator
40. Paragraf yang berisikan imbauan atau permintaan kepada orang lain untuk melaksanakan sesuatu menyerupai dibutuhkan penulisnya disebut ....
Jawaban: persuasif
41. Sebutkan ciri-ciri sastra Melayu klasik!
Jawaban:
a. Statis, artinya tetap, baik bentuk maupun tema
b. Istana sentris, artinya karya-karya yang dibentuk untuk kepentingan raja dan istananya
c. Anonim, artinya pengarang tidak disebutkan
d. Disajikan secara lisan
e. Berbahasa Melayu dan romantis
f. Menggunakan tema usaha baik-buruk, pendidikan moral, pahlawan, dan keagungan raja
g. khayal dan fantastis
42. Jelaskan bagian-bagian kerangka pidato!
Jawaban:
a. Pendahuluan
Pendahuluan dimulai dengan kalimat pembukan yang sanggup menarik dan unik perhatian para pendengar
b. Isi
Isi pidato terdiri atas cuilan atau rencana butir-butir yang hendak disampaikan, yakni berupa pikiran-pikiran utama
c. Penutup
Penutup atau kesimpulan sebaiknya tidak panjang. Penutup terdiri atas satu atau dua kalimat yang berisi kesimpulan, dan selanjutnya diikuti dengan ucapan terima kasih
43. Apa sajakah metode yang sanggup dipakai dalam berpidato?
Jawaban:
a. Metode serta-merta (impromptu)
Metode serta merata maksudnya pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa memakai teks.
b. Metode menghafal
Metode menghafal maksudnya pidato dilakukan dengan menghafalkan naskah
c. Metode ektemporan
Metode ekstemporan maksudnya pidato dilakukan dengan menciptakan outline atau kerangka pidato terlebih dahulu
44. Sebuah unsur-unsur intrinsik cerpen!
Jawaban: tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, amanat, gaya bahasa
45. Buatlah sebuah paragraf persuasif!
Jawaban:
Kenakalan cukup umur menyerupai perkelahian antarsekolah atau kebut-kebutan di jalan, bersama-sama bukan hal baru. Kenakalan itu intinya disebabkan oleh kelebihan energi pada remaja. Energi mereka berlebih dan tidak disalurkan dengan positif. Hal ini sesuai dengan sifat cukup umur yang selalu dinamis. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran energinya itu. Dalam hal ini sekolah memiliki tugas yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melaksanakan kegiatan yang lebih berguna, menyerupai olahraga, musik, bakti sosial, tulis-menulis, dan sebagainya.
Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan energi siswa sehingga tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh lantaran itu, untuk memecahkan persoalan kenakalan cukup umur di sekolah, sanggup disusun aktivitas kegiatan penyaluran energi siswa selain kegiatan belajar-mengajar.